Wednesday, January 27, 2016

Tipe-tipe Jerawat



Jerawat terbagi menjadi beberapa jenis atau tipe. Berdasarkan laman wikipedia, paling tidak ada tiga tipe jerawat. Berikut ulasannya.


1. Komedo

tipe-tipe jerawat - komedo
Komedo
Komedo sebenarnya adalah pori-pori kulit yang tersumbat. Bisa secara terbuka ataupun tertutup. Komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori kulit yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh diatas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Biasanya jerawat jenis komedo ini penyebabnya adalah sel-sel kulit mati dan sekresi/pengeluaran kelenjar minyak yang berlebih pada kulit.


2. Jerawat biasa
tipe-tipe jerawat - jerawat biasa
Jerawat Biasa
Jenis jerawat yang kedua adalah jenis jerawat biasa. Jenis jerawat ini mudah dikenali, terdapat tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne. Bakteri ini biasanya hidup di saluran kelenjar sebaceous yang tersumbat, yaitu di daerah tempat beradanya asam lemak pada kantung kelenjar sebaceous yang tersembunyi di dalam pori-pori kulit. Diberi nama propionibacterium karena mampu memproduksi asam propionik (propionic acid). Bakteri ini merupakan jenis anaerobik sehingga dapat hidup tanpa oksigen, dan juga mempunyai ciri-ciri aerotolerant yang menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya. Bakteri yang menginfeksi bisa dari washlap, kuas make up, jari tangan dan juga telfon. Stres, hormon dan udara yang lembab dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.


 3. Jerawat batu (Cystic Acne)
tipe-tipe jerawat - jerawat batu
Jerawat Batu
Cystic Acne adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat berkumpul di seluruh muka. Penderita Cystic Acne biasanya memiliki keluarga dekat yang juga menderita jenis jerawat batu ini. Secara genentik atau keturunan, penderita ini mempunyai:
-         Kelenjar minyak yang berlebihan/over aktif yang membanjiri pori-pori kulit dengan minyak.
-         Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak dapat beregenerasi secara cepat seperti kulit normal
-         Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.
Itulah beberapa tipe-tipe jerawat yang dapat saya kumpulkan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan"