Wednesday, January 27, 2016

Penyebab Jerawat



Jerawat memang sesuatu hal yang paling menyebalkan. Datangnya pun tanpa diundang, tiba-tiba saja nongol di muka cakep kita. Gara-gara jerawat bisa membuat kita tidak pe-de alias tidak percaya diri. Jerawat bisa timbul pada hampir semua usia dan semua golongan. Tetapi yang paling banyak mengalami adalah pada usia remaja. Dan juga pada wanita, terutama ketika sedang menstruasi. 
 
Penyebab Jerawat
Penyebab Jerawat
Berikut saya coba ingin berbagi informasi tentang beberapa penyebab timbulnya jerawat yang saya tau. Siapa tau bisa berguna untuk kita semua agar dapat terhindar dari si jerawat yang menyebalkan ini. Atau paling tidak bisa mengurangi resiko untuk timbulnya jerawat. Apa saja kah penyebab jerawat tersebut??? Ini ada beberapa contohnya.


1.      Hormon
Perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh kita bisa mengakibatkan produksi minyak berlebihan. Sehingga nantinya penumpukan minyak ini akan bergabung dengan sel kulit mati dan kotoran/debu di permukaan kulit. Dan akan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori. Yang pada akhirnya akan menyebabkan peradangan pada kulit.


2.      Bakteri
Di permukaan kulit kita pasti terdapat banyak mikroorganisme. Termasuk salah satunya adalah bakteri Propionobacterium acnes. Jika bateri ini berada pada pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak dan kotoran, maka bakteri ini bisa menyebabkan infeksi dan peradangan yang akhirnya muncullah nanah pada jerawat. 


3.      Kosmetik
Kosmetik banyak yang mengandung minyak. Dan juga bedak yang menyatu dengan foundation. Jika dipakai dalam jangka waktu yang lama dan atau ketika di bersihkan kurang bersih, keadaan ini bisa menimbulkan penyumbatan pada pori-pori.


4.      Obat-obatan
Ada golongan obat-obatan yang dapat menurunkan daya tahan tubuh kita. Sehingga dapat meningkatkan bakteri yang jahat di permukaan kulit. Sehingga mudah mengakibatkan peradangan dan infeksi pada pori-pori yang tersumbat.


5.      Stres
Stres juga dapat memicu timbulnya jerawat, dikarenakan dapat mempengari keseimbangan hormon. 


6.      Sel-sel kulit mati
Sel-sel kulit mati yang tertinggal di permukaan kulit, dan dibersihkan denga kurang bersih, dapat mengakibatkan penyumbatan di pori-pori kulit dengan bersamaan minyak dan debu yang menempel.


7.      Makanan
Sebenernya makanan tidak mempunyai pengaruh yang besar dalam timbulnya jerawat. Tapi juga tetap tidak dapat diabaikan begitu saja. Biasanya makanan yang berpengaruh adalah makanan yang manis dan berlemak.

Itulah beberapa penyebab dari jerawat yang berhasil saya himpun. Semoga saja kita bisa menghindarinya sehingga kita bisa terbebas dari masalah jerawat ini. Untuk mengetahui tipe-tipe jerawat klik di sini.

No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan"