Thursday, January 28, 2016

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

Apa kabar sobat semua? Semoga sehat selalu dan terbebas dari jerawat. Hehe... Postingan kali ini saya ingin sedikit membahas tentang cara mencegah timbulnya jerawat. Jika sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang penyebab jerawat, maka kali ini saya sedikit menjelaskan cara mencegahnya agar jangan sampai timbul masalah jerawat ini. 

Jerawat biasanya banyak terjadi pada usia remaja dimana pada periode ini sedang terjadi perubahan hormon, yang dapat mengakibatkan ketidak seimbangan hormon. Tetapi pada usia dewasa pun masih sering dijumpai masalah jerawat ini. Sehingga dapat mengganggu penampilan kita.

Nah bagaimana cara mencegah jerawat agar jangan sampai timbul di wajah kita? Cekidot....

1.      Menjaga kebersihan wajah
 

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat - menjaga kebersihan wajah
Cuci Muka
Kulit wajah yang kotor akan debu, dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit. Oleh karena itu biasakan menggunakan sabun khusus untuk mencuci muka. Tetapi jangan terlalu sering mencuci muka karena dapat mengurangi kelembaban kulit wajah, cukup dua kali sehari saja.
 
2.      Membersihkan kosmetik
Kosmetik yang dibersihkan dengan cara tidak benar dapat meninggalkan sisa-sisa kosmetik di pori-pori kulit sehingga dapat menimbulkan sumbatan pada pori-pori.
 
3.      Perawatan wajah
Perawatan wajah bisa dilakukan paling tidak seminggu sekali. Bisa menggunakan masker, terutama masker alami. Lebih baik lagi jika maskernya dengan cara meracik sendiri.
 
4.      Kurangi  kontak langsung antara layar tangan dengan kulit wajah
Jangan sering mengusap wajah dengan tangan, ataupun menopang wajah dengan menggunakan tangan. Apalagi jika kondisi tangan tidak dapat dipastikan kebersihannya. Karena bisa menjadi sarana perpindahan bakteri ke wajah.

5.      Kurangi  kontak langsung antara layar handphone dengan kulit wajah
 

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat - menelfon
Menelfon
Layar hp yang tidak pernah dibersihkan bisa menjadi media perkembangan bakteri. Ada baiknya layar hp sesekali diusap dengan menggunakan tisu basah yang mengandung alkohol.

6.      Olah raga yang teratur
Cara Mencegah Timbulnya Jerawat - olah raga yang teratur
Olah Raga
Olah teratur dapat mengurangi stres dan menjaga keseimbangan hormon di dalam tubuh. Selain itu juga dapat memelihara kesehatan dan juga meningkatkan kekebalan tubuh.
 
7.      Konsumsi buah dan sayur
Cara Mencegah Timbulnya Jerawat - konsumsi buah dan sayur
Buah dan Sayur
 Buah dan sayur banyak mengandung serat yang dapat memperlancar buang air besar. Yang fungsinya untuk mengeluarkan toksin dari dalam tubuh/usus. Selain itu juga buah dan sayur dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.
 
8.      Hindari stres
Cara Mencegah Timbulnya Jerawat - hindari stres
Hindari Stres
Stres dapat memicu ketidak-seimbanga hormon. Yang pada akhirnya akan menyebabkan penumpukan sebacea pada kulit. Dan pada akhirnya menimbulkan penyumbatan pada pori-pori kulit dan sekaligus peradangan. Selain itu juga orang yang mengalami stres biasanya sering melampiaskan dengan banyak makan.

9.      Istirahat yang cukup
Cara Mencegah Timbulnya Jerawat - istirahat yang cukup
Istirahat yang Cukup
Jika kurang istirahat badan akan mengalami kelelahan yang pada akhirnya dapat mempengaruhi keseimbangan hormon.

Demikian sedikit informasi tentang cara mencegah timbulnya jerawat, semoga bermanfaat bagi sobat semua.

No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan"